Penyakit Karena Makan

Kemarin aku nengok warga sakit, sempat 8 hari opname: penyakit jantung dan maag. Tubuhnya yang overweight berbaring lemah di tempat tidur, terasa benar penderitaannya. Kepadanya aku cerita, pertemuanku dengan Pdt. Kim Soo Young dari Gereja Geojedo, di ujung selatan semenanjung Korea. Kutuliskan cerita ini dari catatanku dari bulan Juli tahun 2004 lalu.

***
Demikian cerita dari Pdt. Kim, “Sepuluh tahun lalu saya sakit keras, dan harus opname. Dan itulah peristiwa yang membawa perubahan dalam hidupku. Waktu itu berat badanku 87 kg, diagnosa dari dokter tidak membawa kesembuhan, karena itu aku berpaling kepada pengobatan alternatif. Sekarang berat badanku 66 kg, dan senantiasa terjaga pada berat seperti itu.

Banyak penyakit orang modern karena salah makan, baik terlalu banyak makan, atau makan makanan yang tidak sehat. Dan berpuasa adalah satu cara yang alamiah untuk melawan penyakit karena salah makan. Sebagai contoh, anjing bila sedang sakit tidak akan makan makanan apapun yang disiapkan untuknya, bahkan bila dipaksa makan ia akan menggigit, tetapi ketika sudah sembuh ia akan mencari makan lagi. Berpuasa sudah terbukti menyembuhkan penyakit berat seperti kanker usus, hepatitis dan darah tinggi. Berpuasa bukan hanya sehat untuk tubuh, tetapi dalam tubuh yang sehat juga tumbuh kerohanian yang sehat. Orang sakit tak akan bisa bertumbuh dalam iman yang sehat. Karena itu gereja harus memperhatikan kesehatan jasmani warga dan masyarakat di sekitarnya!

Dari pengalaman, dikembangkan metode puasa, dan ramuan dedaunan yang membantu untuk pengobatan penyakit-penyakit tertentu. Lebih dari itu kesadaran untuk hidup sehat dan mencintai kehidupan dilakukan sebagai gaya hidup keseharian”.

***
Pdt. Kim sesudah sakit berat itu kemudian mulai menaruh minat pada pengobatan alternatif, mulai dari akupuntur, fuhong, sampai ramuan jamu tumbuh-tumbuhan di Korea. Dengan keahlian itu ia bukan saja melayani dibidang rohani, tetapi juga kesehatan jasmani, bukan hanya warga gereja tetapi juga siapapun yang datang dan minta tolong padanya. Gerejanya juga menjadi satu pusat latihan doa dan puasa, yang diselenggarakan seminggu penuh setiap liburan musim panas tiba. Ia sendiri menjadi ahli pengobatan alternatif, dan sekarang sedang belajar S-2 untuk dalam bidang pengobatan alternatif. Sekarang bahkan ada trend dokter medis yang berpendidikan barat juga belajar pengobatan alternatif timur, karena jasa “hamisa”, istilah Korea untuk “shinse” (dokter) tradisional ternyata banyak diminati.

***

Warga yang kujenguk ini berat badannya lebih berat 34 kg dari berat badan normal untuk ukuran tinggi badannya. Terlalu banyak makan, terlebih lagi makanan yang tidak sehat, dan ditambah cara hidup yang tidak sehat karena kurang kerja fisik sering menjadi penyebab penyakit orang modern. Obatnya mudah: berpuasa. Bila tidak, nanti kondisi yang akan memaksa dengan pengaturan diet makan dan minum seperti yang kujalani sekarang ini. Lebih baik bersiap mencegah daripada terlambat dan harus mengobati. Sesal kemudian tidak berguna.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s